JUMAT 07/12/2018, Dalam rangka upacara adat Kesenian “Wayang Orang” Dusun Padas Desa Sumberbendo mengadakan pertunjukan pentas seni wayang orang yang diadakan setiap satu tahun sekali. Wayang orang ini sudah ada sejak sekitar tahun 1950-an dan masih eksis sampai sekarang ini. Organisasi wayang orang ini diketuai oleh Bapak Gani sekaligus sebagai Kepala Dusun Padas.

Galeri


http://https://www.youtube.com/watch?v=ehSiLtFPGAU
Bapak Kepala Desa Sumberbendo dan Perangkat Desa hadir menyaksikan pertunjukan wayang orang tersebut, serta ada tamu undangan dari DPMD Bapak Ali Muchtar yang berkenan hadir. Meskipun saat pertunjukan cuacanya hujan tapi tidak mengurangi antusias para warga yang datang untuk menyaksikan pertujukan wayang orang tersebut.
Acara nya berlangsung dengan baik, para pemain memainkan perannya masing-masing. Acara ini diadakan sebagai upaya pelestarian kesenian Wayang Orang “Lestari Widodo” supaya terus berkembang di masa yang akan datang, dan supaya tetap ada penerusnya. Menurut ceritanya wayang padas ini, jika ada orang yang bernadzar ingin mengadakan pertunjukan wayang orang tersebut maka orang harus benar-benar melaksanakan nadzarnya tersebut jika tidak orang orang tersebut akan mendapatkan sesuatu yang tidak diinginkan, maka dari itu wayang padas memiliki nilai magis yang cukup tinggi.
DediIndART.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?